Living life and Make it Better

life, learn, contribute

Endy Muhardin

Software Developer berdomisili di Jabodetabek, berkutat di lingkungan open source, terutama Java dan Linux.

Octopress Aggregator

Website Aggregator adalah suatu website yang isinya adalah kumpulan link ke posting di website lain. Beberapa skenario penggunaan website aggregator:

  • website perusahaan, ingin mencantumkan posting blog dari anggota timnya
  • website komunitas, ingin mencantumkan posting blog dari anggota komunitas tersebut

Pada artikel ini kita akan membahas cara pemasangan website aggregator di aplikasi blogging Octopress.

Lanjut membaca ...


Problem Solving

Saya aktif berbagai forum diskusi di internet, mostly mengenai pemrograman. Dari apa yang saya amati di forum tersebut, begitu ada pertanyaan, umumnya selalu disambut dengan alternatif solusi yang bermacam-macam. Padahal seharusnya, kita fokus dulu dalam memahami masalahnya. Begitu kita paham masalahnya, solusinya akan mudah ditemukan.

Ada cerita urban legend di internet yang menggambarkan pendekatan ini. Berikut terjemahan bebas dari saya.

Lanjut membaca ...


Mendapatkan Informasi System dengan Java

Pada salah satu project yang sedang saya kerjakan, ada kebutuhan untuk mendapatkan informasi mengenai sistem dimana aplikasi diinstal. Informasi yang dibutuhkan antara lain:

  • Sistem Operasi
  • Kapasitas Memori
  • Kapasitas Disk
  • Jumlah Network Interface
  • MAC Address dari masing-masing Network Interface

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mendapatkan berbagai informasi tersebut. Seperti biasa, kode program bisa diambil di repository Github saya.

Lanjut membaca ...


Teknik Menggunakan Google

Pada artikel terdahulu, sudah dibahas bahwa kemampuan terpenting yang harus dimiliki profesional IT (khususnya programmer) adalah kemampuan otodidak.

Kali ini, kita akan bahas kemampuan terpenting kedua yang harus dimiliki, yaitu teknik mendayagunakan saudara jauh kita yaitu Paman Google.

Seringkali kita temui sergahan para senior di berbagai forum ketika ada newbie yang bertanya

Google dulu dong sebelum tanya !!!

Tapi namanya juga newbie, pastinya gak tau cara googling yang efektif. Kalau dia mahir pakai Google, pasti sudah bukan newbie lagi namanya kan? ;)

Nah, begini caranya menggunakan Google.

Lanjut membaca ...


Migrasi Database dengan Liquibase

Salah satu kepuasan kita sebagai programmer adalah pada waktu aplikasi yang kita buat digunakan banyak user dan menghasilkan banyak manfaat bagi mereka. Sebagai konsekuensinya, akan banyak permintaan tambahan dari user untuk menambah fitur ataupun mengubah fitur yang sudah ada supaya makin nyaman digunakan.

Seringkali terjadi, perubahan yang diminta ini akan menyebabkan berubahnya skema database. Ini merupakan hal yang wajar dan umum terjadi, sehingga kita perlu menyiapkan mental untuk menerima kondisi ini sebagai sesuatu yang lumrah dan tidak mengerikan.

Tools yang sering saya gunakan untuk mengurus perubahan (evolusi) skema database adalah Liquibase. Pada artikel terdahulu, kita sudah membahas cara menggunakan Liquibase untuk mengkonversi skema database menjadi XML supaya bisa dikelola di version control. Kali ini, kita akan menggunakan Liquibase untuk melakukan migrasi dari skema database antar versi aplikasi.

Lanjut membaca ...