Living life and Make it Better

life, learn, contribute

Endy Muhardin

Software Developer berdomisili di Jabodetabek, berkutat di lingkungan open source, terutama Java dan Linux.

Ongoing Learning

Hidup sebagai programmer bisa diibaratkan seperti nyemplung di laut. Untuk bisa survive, kita harus terus bergerak dan berenang. Begitu kita diam, langsung deh tenggelam.

Ini juga berlaku buat saya yang sudah 12 tahun jadi programmer. Teknologi baru bermunculan dengan cepat dan kita harus keep up to date. Artikel ini adalah bagian pertama dari catatan perjalanan saya belajar teknologi baru. Seperti biasa, source code yang dihasilkan akan saya share di Github.

Mari kita mulai.

Lanjut membaca ...


Development Stack 2014

Tiga tahun lalu, saya memposting artikel tentang stack development yang digunakan di ArtiVisi. Artikel kali ini adalah update dari stack yang digunakan tiga tahun yang lalu.

Pilihan stack ini saya presentasikan pada pertemuan Java Meet Up (JaMU) Januari 2014 yang diadakan di kantor blibli.com. Materinya bisa diunduh pada link berikut:

Berikut rangkuman dari isi presentasi saya tersebut

Foto

Lanjut membaca ...


Dasar-dasar Aplikasi Web Java

Pada artikel terdahulu, kita telah membahas tentang pentingnya penguasaan terhadap konsep dasar. Kali ini, kita akan membahas tentang konsep dasar aplikasi web di Java. Ini juga akan menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan di forum yaitu

Saya ingin belajar Java Enterprise Edition (Java EE), apa yang pertama harus saya pelajari?

Lanjut membaca ...


Source Code Milik Siapa ?

Malam ini, saya mendapatkan pertanyaan menarik di milis komunitas programmer. Berikut isinya.

hello all,

saya mau tanya, ketika kita bekerja di suatu perusahaan base on project single programmer, yang semua dikerjakan sendiri, dari mulai analis sampai coding, apakah source code hasil kerja kita adalah milik perusahaan? atau milik programmer ybs?

karena source code itu kita yang buat dari awal hingga menjadi suatu sistem aplikasi, programmer dikecewakan dianggap tidak memenuhi target atau alasan lain, saat tiba waktu deadline pimpinan perusahaan marah2 bentak2 kemudian dengan gampang perusahaan meminta source yang kita kerjakan? padahal programmer tsb sudah menyelesaikan pekerjaannya

sebagai programmer akhibat dikecewakan demi mempertahankan harga diri, akhirnya resign dan rela keluar dari perusahaan alias nganggur, programmer tidak rela memberikan source yg mjd hasil karyanya sendiri begitu saja

apakah ada hukum kemudian terjadi tuntutan perusahaan ke programmer untuk meminta source code tersebut ?

apakah source code hasil coding programmer adalah termasuk Hak Cipta Programmer?

mohon sharingnya, thanks

Berikut tanggapan saya

Lanjut membaca ...


Prasyarat Integrasi Aplikasi

Posting kali ini jawaban dari pertanyaan yang masuk melalui email:

Saya membaca tulisan anda di sini Cukup menarik, dan saya ingin bertanya jika berkenan, sehubungan dengan payment gateway.

Apakah kita bisa mengimplementasikan sendiri ISO-8583 pada aplikasi kita untuk terhubung ke bank di Indonesia ? Misal kita bisa cek saldo tabungan melalui aplikasi kita sendiri ?

Atas sharing pengetahuannya saya ucapkan terima kasih.

Berikut jawaban saya

Lanjut membaca ...