Living life and Make it Better

life, learn, contribute

Endy Muhardin

Software Developer berdomisili di Jabodetabek, berkutat di lingkungan open source, terutama Java dan Linux.

Restore Gitlab dari Amazon Glacier

Hari ini saya membaca artikel menyedihkan dari salah satu pelaku startup di negara kita ini. Aplikasinya yang dihosting di Digital Ocean crash dan datanya tidak bisa direcover. Entah apakah dia punya backup di tempat lain atau tidak.

Dengan artikel ini, pertama-tama saya mengucapkan turut berduka cita atas kehilangannya. Semoga tetap tabah, bisa mengatasi dengan lancar, dan diberikan ganti yang lebih baik.

Selanjutnya, ini menjadi pelajaran bagi kita semua tentang pentingnya backup. Well, sebenarnya backup tidak penting, yang penting adalah restore !!!. Percuma juga kan punya backup kalau tidak bisa direstore :P

Hampir setahun yang lalu, saya sudah menjelaskan tata cara backup yang aman menggunakan enkripsi ke layanan cloud. Tapi tidak mengapa kita ulang sedikit tentang prinsip dan konsep backup. Setelah itu kita akan membahas tentang tata cara restore.

Lanjut membaca ...


Mitos Framework

Saya perhatikan, mungkin sekitar sebulan sekali, di grup facebook PHP akan muncul perdebatan berikut:

Mendingan pakai framework atau tanpa framework (istilahnya di grup sana : native)

Well, daripada tiap bulan saya komen yang sama-sama terus, mending tulis di sini sekali. Lumayan paste link sebulan sekali, naikin pageview :D

Oke, beberapa mitos dan salah paham tentang urusan framework vs native … Jreng jreng …

Lanjut membaca ...


Intro Docker

Beberapa tahun terakhir ini, terjadi perubahan yang cukup signifikan dalam hal deployment aplikasi. Untuk menjalankan aplikasi yang serius, sebelumnya kita perlu membeli server dulu, melakukan instalasi sistem operasi dan kelengkapan software lainnya, menginstal aplikasi yang kita buat, kemudian melakukan tuning dan hardening. Setelah itu, kita harus menyewa tempat di perusahaan penyedia internet dan menitipkan server kita tadi di sana. Kegiatan tersebut relatif merepotkan. Belum lagi urusan yang menyertainya seperti pemeliharaan hardware, update software, backup, dan lainnya.

Di jaman sekarang, banyak perusahaan yang menyediakan layanan cloud. Mereka menangani segala urusan repot tadi, sehingga kita cukup memikirkan pembuatan dan pemeliharaan aplikasi kita sendiri. Tidak perlu lagi pusing memikirkan urusan hardware dan software lain yang dibutuhkan.

Salah satu teknologi yang sedang hot di tahun 2015-2016 ini adalah Docker. Dalam artikel ini, kita akan bahas:

  • Apa itu Docker?
  • Bagaimana menjalankan aplikasi Java dalam Docker?
  • Bagaimana menjalankan proses build dalam Docker?

Lanjut membaca ...


Memahami Mapping Relasi di Hibernate

Salah satu permasalahan yang sulit dipahami pada saat belajar Hibernate adalah mapping relasi. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kita akan membahas berbagai konsep relasi database, bagaimana cara mappingnya, dan apa konsekuensinya.

Lanjut membaca ...


Setup Continuous Delivery

Pada artikel sebelumnya, kita telah melakukan deployment ke cloud provider Openshift dan Heroku dari komputer lokal kita. Sekarang, kita akan mengotomasi proses deployment ini dengan Travis, sehingga apabila build berjalan sukses, aplikasi akan otomatis dideploy ke server dan bisa diakses seluruh umat manusia.

Lanjut membaca ...