Living life and Make it Better

life, learn, contribute

Endy Muhardin

Software Developer berdomisili di Jabodetabek, berkutat di lingkungan open source, terutama Java dan Linux.

Intermittent Moodle 502 Post Mortem

Beberapa hari terakhir, aplikasi e-learning Tazkia kadang menampilkan error 502 Bad Gateway pada saat diakses. Berikut adalah diagnosa, analisa, dan tindakan yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Lanjut membaca ...


VPN dengan Wireguard Bagian V : Menghubungkan Cloud dengan On Premise

Di awal 2021 ini, cloud services sudah sangat lazim digunakan orang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Skema tagihannya yang bisa per jam dan kecepatan provisioningnya memungkinkan banyak usaha rintisan (start up company) untuk bisa memulai bisnisnya dengan cepat dan murah.

Yang tadinya harus menyediakan modal besar untuk membeli server, melakukan instalasi, membuat atau menyewa data center, menyediakan listrik, disaster recovery, dan pos investasi lain yang nilainya besar, sekarang tidak perlu lagi memusingkan hal tersebut. Cukup bikin akun, masukkan data kartu kredit, dan kita bisa langsung membuat virtual private server yang memiliki IP public dan siap diakses dari mana saja.

Akan tetapi, tidak semua orang bisa memanfaatkan cloud services. Beberapa jenis industri mengharuskan data transaksi disimpan di dalam negeri, sedangkan penyedia cloud services tidak banyak yang memiliki data center di Indonesia. Untuk itu, kita perlu solusi untuk menghubungkan VPS kita di cloud provider dengan database server kita di data center sendiri.

Salah satu contoh kegunaannya adalah apabila kita ingin menggunakan layanan serverless semacam AWS Lambda untuk mengakses database kita di data center on premise.

Skema tersebut diilustrasikan seperti pada gambar berikut

VPN Cloud - OnPremise

Langkah-langkah implementasinya sebagai berikut:

Lanjut membaca ...


VPN dengan Wireguard Bagian IV : Road Warrior

Penggunaan VPN yang kita bahas pada artikel kali ini biasa disebut dengan skenario Road Warrior di berbagai artikel di internet. Definisinya bisa dilihat sendiri di wikipedia

Pada intinya, Road Warrior adalah pekerja yang bekerja di luar kantor (banyak tugas luar misalnya) dan butuh akses terhadap perangkat di dalam jaringan kantor, seperti database server, printer, aplikasi internal, shared file/folder, dan sebagainya.

Di awal tahun 2021 ini, banyak kebutuhan di atas (share file, printer, aplikasi) yang sudah tidak relevan lagi di era komputasi awan sekarang ini. File sharing bisa dilakukan dengan mudah dengan layanan Dropbox, Google Drive, dan lainnya. Bahkan kita bisa berkirim file melalui chat. Printer juga bisa dihubungkan dengan layanan Google Cloud Print, sehingga kita bisa menggunakan printer kita dari mana saja. Aplikasi bisnis kebanyakan sekarang sudah berbasis web dan dihosting di internet, sehingga bisa diakses dari mana saja. Walaupun demikian, kadangkala kita tetap butuh, sehingga saya tuliskan sekalian di sini cara konfigurasinya.

Lanjut membaca ...


VPN dengan Wireguard Bagian III : Expose Aplikasi di Laptop

Penggunaan VPN kali ini sangat bermanfaat bagi para programmer. Seringkali kita membuat aplikasi yang tentunya kita buat di laptop kita sendiri. Setelah kode program kita tulis, kita biasa jalankan aplikasinya di laptop kita dengan alamat http://localhost dan kita akses dari browser di laptop kita sendiri.

Akan tetapi, ada kalanya kita ingin mempresentasikan aplikasi kita tersebut untuk diakses oleh orang lain melalui internet. Atau kita ingin menyuruh orang lain mengakses aplikasi kita dari smartphone atau gadget lain yang menggunakan paket data. Karena browser/aplikasi yang mengakses aplikasi kita berjalan di perangkat yang berbeda, bahkan di jaringan yang berbeda juga (wifi rumah vs wifi kantor, wifi rumah vs paket data). Oleh karena itu kita tidak bisa menggunakan alamat http://localhost untuk mengaksesnya.

Solusinya adalah menghubungkan laptop kita ke VPN gateway yang memiliki IP public, kemudian membuat konfigurasi routing dan forwarding untuk meneruskan request ke port tertentu di gateway ke komputer kita di rumah.

Skema tersebut diilustrasikan seperti pada gambar berikut

VPN Expose Laptop

Langkah-langkah implementasinya sebagai berikut:

Lanjut membaca ...


VPN dengan Wireguard Bagian II : Internet Proxy

Pada artikel bagian kedua ini, kita akan membuat internet gateway atau proxy. Ada banyak kegunaan dari internet proxy ini, diantaranya:

  • mencegah ISP kita untuk memasukkan iklan-iklan yang mengganggu
  • mencegah pengelola jaringan internet di negara tertentu untuk memantau kegiatan internet kita. Ini berguna misalnya untuk jurnalis yang bertugas di daerah yang otoriter, sehingga rawan diciduk ketika menulis artikel yang sensitif
  • mengakses layanan yang hanya ada di negara tertentu. Misalnya hiburan streaming yang pilihan tayangannya berbeda antar negara
  • mengetes aplikasi yang kita buat, apakah berjalan dengan baik ketika diakses dari luar negeri

Skenario ini bisa diilustrasikan seperti pada gambar berikut

VPN Internet Proxy

Langkah-langkah implementasinya sebagai berikut:

Lanjut membaca ...