Living life and Make it Better

life, learn, contribute

Endy Muhardin

Software Developer berdomisili di Jabodetabek, berkutat di lingkungan open source, terutama Java dan Linux.

Source Code Milik Siapa ?

Malam ini, saya mendapatkan pertanyaan menarik di milis komunitas programmer. Berikut isinya.

hello all,

saya mau tanya, ketika kita bekerja di suatu perusahaan base on project single programmer, yang semua dikerjakan sendiri, dari mulai analis sampai coding, apakah source code hasil kerja kita adalah milik perusahaan? atau milik programmer ybs?

karena source code itu kita yang buat dari awal hingga menjadi suatu sistem aplikasi, programmer dikecewakan dianggap tidak memenuhi target atau alasan lain, saat tiba waktu deadline pimpinan perusahaan marah2 bentak2 kemudian dengan gampang perusahaan meminta source yang kita kerjakan? padahal programmer tsb sudah menyelesaikan pekerjaannya

sebagai programmer akhibat dikecewakan demi mempertahankan harga diri, akhirnya resign dan rela keluar dari perusahaan alias nganggur, programmer tidak rela memberikan source yg mjd hasil karyanya sendiri begitu saja

apakah ada hukum kemudian terjadi tuntutan perusahaan ke programmer untuk meminta source code tersebut ?

apakah source code hasil coding programmer adalah termasuk Hak Cipta Programmer?

mohon sharingnya, thanks

Berikut tanggapan saya

Lanjut membaca ...


Prasyarat Integrasi Aplikasi

Posting kali ini jawaban dari pertanyaan yang masuk melalui email:

Saya membaca tulisan anda di sini Cukup menarik, dan saya ingin bertanya jika berkenan, sehubungan dengan payment gateway.

Apakah kita bisa mengimplementasikan sendiri ISO-8583 pada aplikasi kita untuk terhubung ke bank di Indonesia ? Misal kita bisa cek saldo tabungan melalui aplikasi kita sendiri ?

Atas sharing pengetahuannya saya ucapkan terima kasih.

Berikut jawaban saya

Lanjut membaca ...


Meningkatkan performance Android Emulator

Setelah kemarin kita mempersiapkan persenjataan untuk coding Android, langkah selanjutnya tentu saja membuat aplikasi Hello World dan kemudian mencoba menjalankannya. Ada dua pilihan cara menjalankan aplikasi Android, yaitu langsung di device atau menggunakan emulator.

Sayangnya, secara default emulator Android sangat lemot. Sedangkan kecepatan kita dalam membangun aplikasi sangat ditentukan oleh kecepatan kita melakukan siklus edit-test-fix. Kalau langkah test butuh waktu lama, dengan sendirinya proses development kita juga akan butuh waktu lama.

Untungnya ada teknik yang tersedia untuk meningkatkan kecepatan emulator Android, yaitu dengan menggunakan emulator berbasis Intel platform. Kita akan bahas cara-caranya di artikel ini.

Foto

Lanjut membaca ...


Cara Mengunduh Website

Banyak pembaca blog saya yang bertanya

Mas/Om/Pak/Bos/whatever, bolehkah isi blognya saya download?

Jawabannya tentu saja boleh. Kalau tidak boleh buat apa saya publish ;)

Pertanyaan selanjutnya

Bagaimana cara mengunduh seluruh isi website supaya bisa dibuka tanpa internet?

Gampang, begini caranya.

Lanjut membaca ...


Persiapan Coding Android

Jaman sekarang ini, hidup orang sudah berpindah ke smartphone. PC sudah ditinggalkan, laptop juga semakin mengecil porsi pemakaiannya. Sebagai programmer, kitapun harus ikut menyesuaikan skill agar bisa ikut membuat aplikasi mobile.

Hal pertama yang kita lakukan sebelum mulai coding tentunya adalah mempersiapkan persenjataan. Dalam artikel ini, kita akan membahas persiapan yang perlu dilakukan untuk memulai membuat aplikasi Android.

Sesuai prinsip Lan-Na-Zha, yang dibahas di sini adalah dasar-dasar pemrograman Android. Supaya bisa paham, kita tidak akan menggunakan alat bantu yang disediakan IDE. Kita akan lakukan dengan command line dan text editor.

Lanjut membaca ...