Living life and Make it Better

life, learn, contribute

Endy Muhardin

Software Developer berdomisili di Jabodetabek, berkutat di lingkungan open source, terutama Java dan Linux.

Meningkatkan performance Android Emulator

Setelah kemarin kita mempersiapkan persenjataan untuk coding Android, langkah selanjutnya tentu saja membuat aplikasi Hello World dan kemudian mencoba menjalankannya. Ada dua pilihan cara menjalankan aplikasi Android, yaitu langsung di device atau menggunakan emulator.

Sayangnya, secara default emulator Android sangat lemot. Sedangkan kecepatan kita dalam membangun aplikasi sangat ditentukan oleh kecepatan kita melakukan siklus edit-test-fix. Kalau langkah test butuh waktu lama, dengan sendirinya proses development kita juga akan butuh waktu lama.

Untungnya ada teknik yang tersedia untuk meningkatkan kecepatan emulator Android, yaitu dengan menggunakan emulator berbasis Intel platform. Kita akan bahas cara-caranya di artikel ini.

Foto

Lanjut membaca ...


Cara Mengunduh Website

Banyak pembaca blog saya yang bertanya

Mas/Om/Pak/Bos/whatever, bolehkah isi blognya saya download?

Jawabannya tentu saja boleh. Kalau tidak boleh buat apa saya publish ;)

Pertanyaan selanjutnya

Bagaimana cara mengunduh seluruh isi website supaya bisa dibuka tanpa internet?

Gampang, begini caranya.

Lanjut membaca ...


Persiapan Coding Android

Jaman sekarang ini, hidup orang sudah berpindah ke smartphone. PC sudah ditinggalkan, laptop juga semakin mengecil porsi pemakaiannya. Sebagai programmer, kitapun harus ikut menyesuaikan skill agar bisa ikut membuat aplikasi mobile.

Hal pertama yang kita lakukan sebelum mulai coding tentunya adalah mempersiapkan persenjataan. Dalam artikel ini, kita akan membahas persiapan yang perlu dilakukan untuk memulai membuat aplikasi Android.

Sesuai prinsip Lan-Na-Zha, yang dibahas di sini adalah dasar-dasar pemrograman Android. Supaya bisa paham, kita tidak akan menggunakan alat bantu yang disediakan IDE. Kita akan lakukan dengan command line dan text editor.

Lanjut membaca ...


Persiapan Coding Java

Sebelum kita mulai coding, langkah pertama tentulah menginstal persenjataan. Perlengkapan minimal yang dibutuhkan untuk coding Java sebenarnya cuma:

  • Java SDK
  • Text editor. Tidak perlu yang canggih, asal ada warnanya seperti Gedit, Notepad++, dan sejenisnya

Kalau sudah pakai library tambahan –seperti driver database, framework, dan lainnya– maka perlu menggunakan Maven supaya mudah mengelolanya. Berikut adalah langkah-langkah persiapannya.

Lanjut membaca ...


Kumpulan Tutorial Spring Framework

Seringkali di milis dan forum banyak yang menanyakan tentang tutorial Spring Framework. Sebetulnya di blog ini banyak, tapi repot juga kalau harus cari-cari di arsip. Jadi, saya buatkan indeks seluruh artikel tentang Spring Framework dalam blog ini. Selamat menikmati :D

Lanjut membaca ...