Silabus Kuliah Pemrograman
Melanjutkan rutinitas 2 tahun terakhir, minggu ini musim perkuliahan semester genap di Universitas Pancasila dimulai. Saya kebagian pegang Pemrograman 2 di kelas reguler, dan Pemrograman 4 di kelas karyawan. Buat para fans yang pengen ketemu dipersilahkan cari saya di Fakultas Teknik Universitas Pancasila setiap Kamis jam 18-21 dan Jumat jam 09-11.
Berikut adalah silabus perkuliahan dari Pemrograman 1 sampai Pemrograman 4. Silabus ini akan sering saya update mengikuti perkembangan jaman.
Pemrograman 1 : Java Fundamental
Tujuan
- Paham dasar-dasar pemrograman dengan Java
- Paham cara implementasi OOP dengan Java
- Paham cara menggunakan class-class penting dalam Java SDK
Batasan
- Hanya menggunakan library standar bawaan Java SDK
- Tidak membahas konsep OOP (karena ada mata kuliahnya sendiri)
Referensi
Kebutuhan Software Lab
- Java SDK 1.6
- Sublime Text 3
Materi Kuliah
- Penjelasan Silabus
- Setup / Instalasi Java
- Version Control (Git)
- Github
- Anatomi Aplikasi Java
- Classpath
- Variabel dan Tipe Data
- Operator
- Control Flow (if-else, for/while)
- Class & Object
- Method
- Exception
- Konsep OOP
- Inheritance
- Encapsulation
- Polymorphism
- Abstract Class & Interface
- Composition & Aggregation
- Studi Kasus / Tugas
- Presentasi Kasus
Pemrograman 2 : Essential Library
Tujuan
- Mahir menggunakan library tambahan dari dunia open source
- Mahir menggunakan development tools Java
Batasan
- Belum membuat user interface
Kebutuhan Software Lab
- Semua requirement dari Pemrograman 1
- Apache Maven 3
- MySQL Server
Materi Kuliah
- Build Tools
- Automated Test
- Date & Time
- Collections
- JDBC
- String
- Regular Expression
- Multithreading / Concurrency
- File I/O
- Network I/O
- Popular Network Protocol (HTTP, FTP, SMTP, POP, IMAP)
- Studi Kasus
Pemrograman 3 : Aplikasi Desktop
Tujuan
- Bisa membuat aplikasi lengkap dengan UI Desktop
Batasan
- Aplikasi berjalan lokal
- Penyimpanan data dilakukan lokal
- Interaksi dengan server dilakukan dengan menggunakan service yang sudah tersedia (tidak membuat sendiri)
Referensi
Kebutuhan Software Lab
- Sama seperti Pemrograman 2
Materi Kuliah
-
Arsitektur Aplikasi Desktop
- Container
- Simple Widget
- Event Handling
- Data backed Widget
-
Hello Swing
-
Container
-
- Border Layout
- Grid Layout
- Flow Layout
-
Simple Component
- Text Field
- Button
- Checkbox
- Radio Button
-
- ActionEvent
- MouseEvent
-
Complex Component
- Combo/Select
- List
-
Swing Table
- JTable
- TableModel
-
- Swing Worker
- Progress Bar
-
Internationalization
-
Jasper Report
- Parameter
- Variable
- Report Datasource
-
iReport
-
Studi Kasus
-
Requirement Specification
- Daftar Fitur
- Arsitektur
- Desain UI
- Desain Database
-
Implementasi Frame dan Menu
-
Implementasi Dummy Screen
-
Implementasi Proses Bisnis
-
Implementasi Akses Database
-
Implementasi Report
Pemrograman 4 : Aplikasi Web
Tujuan
- Bisa membuat aplikasi web dengan arsitektur REST
- Bisa menggunakan penyimpanan data non-relasional
Referensi
Kebutuhan Software Lab
- Sama seperti Pemrograman 2
- NodeJS dan Yeoman
Materi Kuliah
- Java Web Application
- Servlet, Filter, Listener
- JSP & JSTL
- Security
- REST
- AngularJS dan Twitter Bootstrap
- Redis
- MongoDB
- Case Study